Tuesday, March 16, 2010

Hidup adalah Pilihan dan Kearifan

Hidup adalah PILIHAN. Dua sisi yang berbeda, tidak searah, dan bertolak belakang. Setiap saat kita akan dihadapi oleh pilihan-pilihan itu. Setiap PILIHAN memiliki konsekuensi baik yang merugikan maupun yang menguntungkan. Seringkali kita berada dalam kepesimisan, keraguan, dan kebimbangan yang kita ciptakan sendiri. Kita kerap terbuai dengan alasan-alasan untuk tak mau melangkah memilih tak mau menatap hidup. Karena hidup adalah PILIHAN.

Sekedar menyadari bahwa setiap saat adalah PILIHAN, yang dapat mengubah pengalaman kita. Ada hal yang dapat membantu pilihan-pilihan kita dan memiliki segi positif.

Cobalah! Untuk mengatakan ”Saya harus” tentang sesuatu dalam hidup kita. Misalnya,”saya harus berangkat kerja” Apa yang kita rasakan? Kemungkinan besar kita akan menjadi tidak semangat, frustrasi, malah mungkin bisa tertekan.

Sekarang, cobalah mengatakan ”saya memilih untuk berangkat kerja”
Bagaimana perasaan kita? Mungkin kita merasa lebih semangat dan bergairah.

Kegiatannya sama namun mengambil sudut pandang berbeda, yang dapat mengubah pengalaman kita. Ini adalah manfaat utama dalam menyeleksi kekuatan PILIHAN ketimbang menjadi KORBAN, karena kita menjalani pengalaman dari diri kita sendiri.

Bertanggung jawab pada PILIHAN kita, berarti mengambil sikap bahwa kitalah yang menyebabkan pengalaman kita karena PILIHAN kita yang menentukan sendiri. Oleh karena itu, KEARIFAN yang diperlukan adalah mengetahui konsekuensi-konsekuensi dari PILIHAN sebelum memutuskan untuk melaksanakan PILIHAN.

Kita yang bertanggung jawab atas segala sesuatu yang menjadi pilihan kita. PILIHAN memiliki kekuatan yang paling dasyhat dalam hidup kita. PILIHAN merupakan alat yang paling manfaat bila digunakan dengan terampil. Ia memiliki kekuatan yang setiap saat memberi semangat bagi sang calon juara dalam diri kita!

Ia adalah kemampuan untuk menciptakan kebebasan. Apa yang kita pilih sekarang menentukan kesenangan kita besok. Apa yang kita putuskan untuk tidak dipilih juga menentukan apa yang tidaka akan pernah kita miliki sepanjang hidup kita.

BILA KITA TAKUT DAN TIDAK MEMBUAT PILIHAN YANG TEPAT, KITA AKAN KEHILANGAN KEBEBASAN KITA.

Semoga Manfaat!

>> Nana M. Zubir from S.A.T.U Consulting, diolah dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment